About Me

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Saya Rudy, saya sedang study di Gunadarma Depok jurusan Teknik Informatika. Saya belum ahli dalam bidang IT, namun saya berusaha agar dapat menerapkan ilmu yang saya punya dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Popular Posts

Senin, 15 Oktober 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia (Rekrutmen SDM)


Agar tujuan organisasi perusahaan berjalan sesuai dengan rencana dan memenuhi target yang dicapai, maka dibutuhkan beberapa faktor untuk melengkapi tujuan tersebut. Salah satu faktor penting yang akan dibicarakan dalam hal ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM / Tenaga Kerja). Sebuah perusahaan dan SDM sudah pasti memiliki hubungan saling membutuhkan dimana organisasi perusahaan tidak dapat berjalan tanpa adanya SDM, begitupun juga SDM membutuhkan pekerjaan untuk menunjang kebutuhan hidupnya. 

Namun, agar target dan tujuan perusahaan menjadi lebih maksimal, maka perusahaan membutuhkan SDM yang ahli dan bermutu. Dalam proses pengelolaan dan pemilihan SDM yang ahli mempunyai beberapa masalah. Untuk menangani masalah tersebut dibentuk Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia atau disingkat MSDM adalah proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan atau tenaga kerja perusahaan untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam organisasi perusahaan, divisi yang menangani hal ini adalah Human Resource Department (HRD). 

Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab. Berikut ini proses tugas Manajemen Sumber Daya Manusia.
1. Perencanaan
Dalam proses ini dilakukan proses persiapan yaitu menentukan perencanaan kebutuhan SDM dengan melakukan perkiraan pekerjaan apa yang sedang dibutuhkan, jumlahnya, waktunya dan berbagai aspek lainnya. Dalam proses ini terdapat dua faktor yang harus diperhatikan diantaranya :
>> Faktor internal (dari dalam) yaitu memperhatikan jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan sebagainya.
>> Faktor eksternal dilihat dari aspek hukum ketenaga kerjaan, kondisi pasca tenaga kerja, dan lain sebagainya.

2. Rekrutment dan seleksi
>> Rekrutment yaitu proses mencari tenaga kerja dalam beberapa bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai level seperti operasional hingga level manajerial. Pada tahap ini dibutuhkan analisis jabatan yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan secara rinci pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.
>> SDM Selection yaitu proses menyeleksi atau memilih tenaga kerja dari kandidat yang ada dengan tujuan untuk dapat menemukan tenaga kerja yang diinginkan oleh perusahaan. Pada tahap ini biasanya dilakukan beberapa proses umum seleksi diantaranya proses penyortiran surat lamaran dan curriculum vitae (cv) pelamar. Kemudian dilakukan panggilan untuk tes tertulis terhadap pelamar yang  berhasil lolos proses penyortiran cv. Selanjutnya yang berhasil lolos tes tertulis dipanggil untuk melakukan interview atau wawancara. Lalu diadakan proses-proses seleksi lainnya sesuai keinginan perusahaan hingga mendapatkan sdm yang diinginkan.

3. Pelatihan, Pengembangan & Penilaian Prestasi.
>> Pengembangan dan evaluasi karyawan (Development and evaluation). Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.
>> Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai (Compensation and protection). Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.

4. Promosi, Pemindahan dan Pemisahan
>> Promosi adalah sebuah jenis transfer yang meliputi penugasan kembali seorang pegawai pada sebuah posisi yang kemungkinan besar diberikan pembayaran yang lebih tinggi dan tanggung jawab, hak dan kesempatan yang lebih besar.
>> Pemisahan, disebut juga pemberhentian, bahkan sering disebut downsizing, yaitu perpindahan sementara atau tidak definitif seorang pegawai dari daftargaji. Umumnya adalah untuk mengurangi kelebihan beban biaya tenaga kerja danpermasalahan keuangan perusahaan semakin serius.
>> Terminasi adalah tindakan manajemen berupa pemisahan pegawai dari organisasi karena melanggar aturan organisasi atau karena tidak menunjukkan kinerja yang cukup.
>> Pemberhentian sukarela adalah pemisahan pegawai dari organisasi atas inisiatif organisasi atau kemauan pegawai sendiri.
>> Pengunduran diri adalah pemisahan pegawai yang telah menyelesaikan masa kerja maksimalnya dari organisasi atau umumnya di kenal dengan istilah pensiun.

Referensi :


1 comments:

  1. Hi kawan, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
    Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    link studentsite.gunadarma.ac.id

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id

    makasi :)

    BalasHapus