About Me

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Saya Rudy, saya sedang study di Gunadarma Depok jurusan Teknik Informatika. Saya belum ahli dalam bidang IT, namun saya berusaha agar dapat menerapkan ilmu yang saya punya dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Popular Posts

Minggu, 13 Mei 2012

Instalasi Android SDK dan AVD manager dan Konfigurasi Eclipse Indigo


Sebelum melakukan instalasi dan konfigurasi, pertama siapkan software terlebih dahulu :
1.      JDK-7-windows-i586.exe digunakan karena Android menggunakan bahasa pemrograman java.
2.      Eclipse Indigo.rar sebagai IDE. 
3.      Android SDK windows.rar
4.      Android Development Tools, dalam hal ini memakai ADT-16.0.1.rar
Untuk software-software di atas anda dapat mencari dan mendownload nya di google. 

·         Pertama install JDK nya terlebih dahulu. 

·         Kemudian lakukan Instalasi dan konfigurasi Eclipse Indigo. 
1.      Extract Eclipse.rar, android SDK windows.rar dan ADT 16.0.1 menggunakan Winrar atau Winzip.
2.      Kemudian buka Eclipse.exe, kemudian akan tampil jendela Workspace Launcher. Buat folder baru utnuk menyimpan semua project yang dibuat di eclipse. Misal disini dibuat folder baru dengan nama Workspace pada local disk D:.
Jendela workspace launcher.
Jendela Eclipse.

3.      Kemudian lakukan konfigurasi agar IDE eclipse dapat terhubung dengan Android SDK dan ADT.  Sehingga dapat memanggil emulator. Pertama klik menu bar Help, kemudian pilih Instal New Software.
Menu bar help.

4.   Kemudian akan tampil jendela Install. Selanjutnya klik button Add, lalu masukkan lokasi ADT-16.0.1. Selanjutnya klik OK.
Jendela Install New Software.

5.      Kemudian akan tampil details nya pada tabel name dan version. Lalu klik button Select All dan klik Next.
Jendela Available software.

6.    Selanjutnya akan tampil jendela Install Details, dimana berisi tools-tools yang siap diintsall. Kemudian klik next.
Jendela install details.

7.    Setelah di klik next pada gambar di atas, kemudian akan tampil jendela Review Licenses, dimana berisi license software Apache dan Eclipse. Selanjutnya pilih radiobutton “I Accept” yang dianjutkan dengan mengklik button Finish.
Jendela review license.

8.    Kemudian akan tampil jendela Installing Software yang merupakan proses menginstall software. Pada bagian ini, apabila jaringan internet dihidupkan maka akan terjadi proses update ADT bersamaan dengan proses Install.
Process installing software.

9.      Setelah menginstall Android Development Tools (ADT) nya, langkah selanjutnya mengkonfigurasi Android SDK Windows. Pertama klik menu bar window, kemudian klik Preferences.
Menu bar window

10.  Bagian ini merupakan bagian mengkonfigurasi Android SDK agar Android SDK terhubung dengan Editor eclipse Indigo. Pertama pilih menu Android di bagian kiri, kemudian masukan lokasi dimana SDK disimpan dengan memilih button Browse. Selanjutnya klik Apply dan klik OK.
Jendela Preferences.

11.  Setelah itu Android SDK dan AVD Manager sudah terhubung dengan Eclipse Indigo. Sehingga pada menu bar Window, akan tampil Android SDK dan AVD Manager.
Menu bar window.

·         Membuat Emulator AVD.
Setelah menginstall eclipse dan mengkonfigurasinya, selanjutnya akan dibuat emulator AVD.
1.      Pertama buka Android SDK dan AVD Manager pada menu bar window. Sehingga akan tampil seperti gambar di bawah.

2.      Kemudian klik button New. Lalu akan tampil jendela Create New AVD. Pada gambar ini, isikan Name sebagai nama android, Target sebagai jenis android vesi berapa yang digunakan dan size sebagai ukuran maksimal dari SD Card yang digunakan. Kemudian klik button Create AVD.

3.      Setelah itu, akan tampil AVD yang sudah dibuat.

4.      Selanjutnya untuk mencoba emulatornya klik AVD yang sudah dibuat, kemudian klik button Start. Sehingga tampilan emulatornya sebagai berikut.













0 comments:

Posting Komentar