About Me

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Saya Rudy, saya sedang study di Gunadarma Depok jurusan Teknik Informatika. Saya belum ahli dalam bidang IT, namun saya berusaha agar dapat menerapkan ilmu yang saya punya dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Popular Posts

Senin, 11 April 2011

E-commerce

Kita umumnya sudah terbiasa melakukan transaksi dagang di suatu tempat seperti pasar, toko dan sebagainya. Namun, pengaruh perkembangan teknologi membuat kita semakin mudah melakukan sesuatu dalam hal ini transaksi dagang. Media elektronik seperti telpon, atm, internet dll merupakan sejumlah alat yang dipakai untuk transaksi dagang pada era sekarang. Istilah transaksi dagang dengan media elektronik tersebut dinamakan e-commerce. 

Sejarah e-commerce 

E-commerce (electronic commerce) bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer(EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI ( Electronic Data Interchange). Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.

Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce. Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar.

Kelebihan e-commerce

OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enterprise resource planning” concept)
INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)
INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. (“electronic payment” concept) 

Keuntungan e-commerce

Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan. 

Kategori E-Commerce 

1. Business to Business e-commerce (B2B)
Transaksi perdagangan melalui internet yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahan. Transaksi dagang tersebut sering disebut sebagai Enterprise Resources Planning (ERP) ataupun supply chain management.
Grainger.com menjual suplai industri ke bisnis besar dan kecil melalui Situs web nya
Website : www.grainger.com

2. Business to Consumer e-commerce (B2C)
Merupakan transaksi jual beli melalui internet antara penjual barang konsumsi dengan konsumen (end user).
Walmart.com menjual merchandise kepada konsumen melalui Web site-nya
Website : www.walmart.com

3. Consumer-to-consumer (or C2C) e-commerce
Peserta dalam satu pasar secara online bisa membeli dan menjual barangbarang satu sama lain
– Konsumen dan bisnis berdagang satu sama lain pada eBay.com
– www.ebay.com

4. Business-to-government (or B2G) e-commerce
Bisnis menjual barang-barang atau layanan kepada pemerintah dan lembaga pemerintah Portal Cal-Buy untuk bisnis yang ingin menjual online kepada negara bagian California
Website : www.pd.dgs.ca.gov/calbuy/default.htm

5. Business Processes  
Bisnis dan organisasi lain memelihara serta menggunakan informasi untuk mengidentifikasikan serta mengevaluasi pelanggan, pemasok dan karyawan (dan untuk mendukung pembelian, menyewa penjualan, perencanaan dan aktivitas-aktivitas lain). Informasi yang Semakin banyak ini digunakan bersama (sharing)
Dell Computer menggunakan koneksi internet yang aman untuk berbagi penjualan dan ramalan saat ini dengan pemasok yang menggunakan nya untuk merencanakan produksi mereka.


Opini saya sebagai pengamat

Perkembangan teknologi telah membuat transformasi terhadap kehidupan dan kebiasaan kita, khususnya e-commerce. Saya telah mengamati bahwa sistem e-commerce mempunyai komponen - komponen  atau objek yang terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain sehingga terbentuk sebuah sitem e-commerce yang baik. Objek-objek tersebut antara lain :
1. Penjual dan pembeli, Ini merupakan objek utama dalam perdagangan, apabila tidak ada salah satunya maka tidak bisa disebut berdagang atau bertransaksi.
2. Seperangkat komputer (pc, pc tablet, atau laptop) dan jaringan (internet), objek ini adalah sebuah landasan berdirinya sebuah halaman web.
3. Website atau webpage, objek ini diibaratkan sebagai toko dan brosur, karena seorang pembeli dapat melihat dan mengetahui detail barang walaupun hanya gambar.
4. Handphone, e-mail,  chatting. Ini merupakan utilitas objek apabila seorang pembeli ingin berkomunikasi lewat media tersebut.
5. Distributor. Ini merupakan penyalur atau pengantar barang yang dibeli oleh si pembeli.
6. ATM, merupakan media yang digunakan untuk melakukan pembayaran.


Agar suatu e-commerce dapat berlangsung baik, 
seorang penjual harus melayani pembeli dengan baik dengan cara megirim barang tepat waktu, memberikan detail produk dengan sedetail-detailnya. Selain itu jadilah penjual yang jujur, ramah dan sopan terhadap pembeli.
untuk seorang pembeli harus hati-hati dalam membeli barang, jangan gegabah dalam membeli sesuatu, karena masih banyak penipuan dengan mofus seperti ini. Gunakanlah etika dalam bertransaksi dan berkomentar dalam internet.

 

0 comments:

Posting Komentar