About Me

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Saya Rudy, saya sedang study di Gunadarma Depok jurusan Teknik Informatika. Saya belum ahli dalam bidang IT, namun saya berusaha agar dapat menerapkan ilmu yang saya punya dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Popular Posts

Minggu, 17 Oktober 2010

Live Streaming (IPTV)

          Secara sederhana, Internet Protocol Television (IPTV) adalah metode penyaluran gambar dan suara televisi melalui IP. IPTV merupakan sebuah sistem yang mampu menerima dan menampilkan sebuah video stream yang di encode sebagai serangkaian paket berbasis IP.

DEFINISI

          IPTV didefinisikan sebagai layanan multimedia tersebut sebagai televisi / video / audio / text / grafik / data melalui jaringan berbasis IP Disampaikan berhasil Memberikan dibutuhkan tingkat kualitas pelayanan dan pengalaman, keamanan, interaktivitas dan keandalan. 
IPTV memiliki dua komponen, yaitu :

1. Internet Protocol (IP): menegaskan format paket dan skema alamat, karena hampir seluruh jaringan menggabungkan IP dengan protokol lebih canggih. Tergantung dari vendor, UPD (user datagram protocol) adalah protokol yang biasa dipakai. Protokol ini menghubungkan sumber data dan tujuan. IP menghubungkan informasi dan memakai informasi ini dalam sebuah sistem, tapi tak ada pranala langsung antara sumber dan penerima informasi.

2. Television (TV): adalah medium untuk berkomunikasi yang bekerja dengan menyampaikan gambar dan suara. Semua orang tahu TV, tapi di sini lebih dikenal dengan layanan linera dan programming yang diinginkan (on demand).

Sehingga, IP + TV = IPTV
IPTV: adalah medium untuk komunikasi gambar dan suara yang bekerja dengan dan di dalam jaringan IP.
          
           Layanan IPTV bekerja melalui jaringan IP pribadi dan bukan jalur internet publik. Dengan jalur pribadi ini, penyedia layanan IPTV harus menjamin kualitas layanan (quality of service / QoS) untuk pelanggannya. QoS bisa berupa prioritas trafik IP kepada pelanggannya dibanding trafik IP lain (gratis). Dalam jaringan IPTV, sinyal televisi adalah layanan utama. Hasilnya, layanan TV adalah langsung, tak perlu mengunduh (download) untuk layanan isi yang linear ataupun yang diinginkan (on demand). Model layanan IPTV memberikan isi (content) yang biasa diberikan oleh televisi terestrial (dengan jalur udara/aerial) ataupun berlangganan (dengan jalur kabel/satelit), termasuk tayangan langsung (live, real time). IPTV juga bisa memberikan layanan VOD (video on demand); selain juga layanan unik lain yang membedakannya dari pesaing (VOIP, transaksi online, dan seterusnya).

         Di beberapa perusahaan dan institusi pendidikan memanfaatkan layanan IPTV ini sebagai media informasi dan hiburan dengan memanfaatkan jaringan LAN (Local Area Networking) untuk melayani client dalam jaringan local tersebut.

ELEMEN-ELEMEN JARINGAN BROADBAND

Switched digital video (SDV)
          Merupakan panduan dalam sebuah arsitektur jaringan dari sistem distribusi TV. Vendor IPTV akan melihat banyak varian arsitektur SDV yang memberikan keunggulan saat menggunakan IP multicast untuk menyalurkan aliran sinyal TV (broadcast streaming).

The Video Head End         
           Sebagai kabel digital atau system satelit televise digital, layanan IPTV memerlukan Video Head End. Ini adalah titik dalam jaringan linier (misalnya, siaran TV) dan on demand (misalnya, film).
Beberapa program mungkin juga tertelan melalui jaringan berbasis fiber terestrial. Sebuah head end  mengambil setiap saluran individu dan encode ke format video digital, seperti MPEG-2, yang tetap standar pengkodean paling umum untuk video digital pada seluruh dunia. penyedia layanan Broadband juga mulai menggunakan pengkodean MPEG-4-berbasis, karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan MPEG-2.
 
The Service Provider Core/Edge Network (
Penyelenggara Layanan Core / Jaringan Edge)        
          Pengelompokan video encoded stream, mewakili garis channel atas, diangkut melalui jaringan IP operator selular. Tujuan dibangun IP jaringan untuk transportasi video. Di tepi jaringan, jaringan IP terhubung ke jaringan akses.
The Access Network (Jaringan Akses)
          Jaringan akses adalah link dari penyedia layanan untuk rumah tangga individu. Jaringan IPTV akan menggunakan varian asimetris DSL (ADSL) dan sangat-kecepatan tinggi DSL (VDSL) untuk menyediakan bandwidth yang diperlukan untuk menjalankan layanan IPTV untuk rumah tangga. Operator selular akan menempatkan perangkat (seperti modem DSL) di tempat pelanggan untuk memberikan koneksi Ethernet ke jaringan rumah.
The Home Network (Jaringan Rumah)
          Jaringan asal mendistribusikan layanan IPTV di seluruh rumah. Namun, IPTV membutuhkan bandwidth jaringan sangat kuat di rumah tinggi yang hanya dapat dicapai saat ini menggunakan teknologi wireline. Titik akhir di jaringan rumah, dimana pesawat televisi tersambung, adalah set-top box (STB).

Middleware: The IPTV Enabler
          IPTV middleware istilah digunakan untuk menjelaskan perangkat lunak paket yang berhubungan dengan memberikan layanan IPTV. Middleware ini biasanya klien/server arsitektur dimana klien berada pada STB. Middleware Kontrol pengalaman pengguna dan, karena itu, ia mendefinisikan bagaimana konsumen berinteraksi dengan layanan tersebut.   

IPTV Video on Demand (VoD)           
          Video on demand (VoD) merupakan jasa operasi dalam cara yang berbeda dari layanan televisi linier. Sistem IPTV menyediakan kepada pelanggan aliran unicast pemrograman dengan kontrol VCR seperti jeda (pause), cepat maju (fast forward) dan mundur (rewind). Middleware IPTV mengontrol pengalaman user interface dan komersial / rincian VOD dan juga dapat diperluas untuk mencakup layanan seperti VOD kepelangganan dan jaringan berbasis perekam video personal (PVR).

Kelebihan IPTV   
 
1. Kualitas gambar yang tajam
          Gambar di IPTV adalah gambar digital. Selain gambar dengan Standard Definition (SD)a da juga gambar yang jauh lebih tajam dengan kualitas High Definition (HD).

2. Layanan interaktif 
          Misalkan Saat kita nonton pertandingan sepak bola Mancherster United vs Chelsea, kemudian kita menerima telepon atau pergi ke toilet, pertandingan sepak bola bisa di pause atau rewind sehingga setelah kembali dari menelpon ataupun toilet kita bisa melanjutkan tontonan atau menonton ulang. Atau acara berita 5 jam yang lalupun bisa ditonton apabila karena terjebak macet belum sampai di rumah.

3. Home Shopping and Delivery
          Memungkinkan pemirsa untuk memesan, membayar dan makan Pizza tanpa perlu beranjak dari sofa sambil menonton TV. Pizza akan dikirimkan ke rumah dan pembayaran dilakukan dengan kartu kredit.

4. Video, Game, Karaoke On Demand
          Dengan IPTV pemirsa tidak perlu pergi jauh-jauh mencari film, games ataupun karaoke tinggal memilih dari katalog yang ada di server dan langsung dapat dimainkan di layar televisi dengan biaya yang terjangkau.

Dampak IPTV
 
Dampak IPTV terhadap industri :

1. Content (isi) : Teknologi IPTV memudahkan produksi isi (content) dan memudahkan akses mendapatkan isi itu (selain menjaga keamanan saat mengakses).

2. Convergence (konvergensi) : Pemakaian jaringan IP memudahkan aplikasi tunggal untuk digunakan oleh berbagai perangkat akhir di dalam sebuah jaringan layanan.

3. Interactivity (interaktivitas) : Pola alamiah jaringan IP yang dua arah memudahkan dialog antar-pemangku kepentingan (pelanggan, penyedia jasa isi, dan penyedia layanan).

IPTV pada XBOX 360
           Microsoft menawarkan IPTV untuk Xbox 360. Seorang perwakilan Microsoft berasumsi bahwa video Xbox Live Video Marketplace akan menjadi kasar analog dalam ukuran. Berikut gambar-gambar IPTV pada XBOX 360.






OPINI
          Sebagai konsumen saya merasa IPTV merupakan layanan yang dapat mengerti apa maunya konsumen. Dalam siaran live streaming yang saya tonton dalam situs tertentu yang menggunakan IPTV, kualitas gambarnya sangat tajam, dan tidak ada macet-macet dan bufferingnya walaupun koneksi yang saya pakai cukup lambat. Namun ada perbedaan jeda antara live streaming dengan yang ada di TV rumah. Awalnya saya belum tahu teknologi apa yang digunakan dalam situs tersebut, namun setelah saya searching ternyata menggunakan IPTV. Dengan begitu saya mendapat ilmu baru apa itu IPTV. Selain itu, saya juga dapat menonton live streaming sambil searching.
          Selain nonton live streaming IPTV dalam PC / Laptop. Ada juga layanan IPTV dalam XBOX 360. Dimana fungsi perangkat keras XBOX 360, yaitu selain umtuk game juga dapat menonton Video, Film, Karaokean ataupun siaran TV. 


Sumber :
http://kyogrevs.wordpress.com/2009/11/29/apa-itu-iptv/
http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_Protokol_Internet
http://www.ridhocyber.web.id/live-streaming-terbaik-kerja-sama-tvone-dan-kompas/
http://klikbebas.blogspot.com/2010/08/iptv-segera-hadir.html

0 comments:

Posting Komentar